Pengertian Sistem Pakar & Sistem Cerdas

Teknologi Sistem Pakar & Sistem Cerdas


Gerry Sentika Riyanto
14114492
3KA11



Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informatika

Oktober 2016




SISTEM PAKAR

          Sistem Pakar berasal dari dua kata yaitu sistem dan pakar. Sistem adalah beberapa elemen yang di tekankan adalah efektifitas(untuk mencapai suatu tujuan). Pakar adalah seseorang yang ahli pada suatu bidang. 
Sistem pakar (expert system) adalah suatu teknik kecerdasan yang berusaha menerapkan pengetahuan manusia ke komputer, supaya komputer mampu menyelesaikan masalah yang  biasa  dilakukan  oleh  manusia. Sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari manusia. Dengan sistem ini, orang yang kurang pengetahuanpun mampu menyelesaikan masalah yang sebenarnya hanya dapat diselesaikan dengan bantuan para ahli. Bagi para ahli, sistem pakar ini juga akan membantu aktivitasnya sebagai asisten yang sangat berpengalaman.
Para ahli juga memiliki beberapa argumen yang berbeda, antara lain:
1.     Menurut Durkin : Sistem pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan penyelesaian masalah yang dilakukan seorang pakar.
2.    Menurut Ignizio : Sistem pakar adalah suatu model dan prosedur yang berkaitan, dalam suatu domain tertentu, yang mana tingkat keahliannya dapat dibandingkan dengan keahlian seorang pakar.
3.    Menurut Giarratano dan Riley : Sistem pakar adalah suatu sistem komputer yang bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar.
Konsep Dasar Sistem Pakar
Menurut Efraim Turban
, konsep dasar sistem pakar mengandung: keahlian, ahli, pengalihan keahlian, inferensi, aturan dan kemampuan menjelaskan.

Pengertian Keahlian adalah kemampuan menguasai pengetahuan di bidang tertentu yang diperoleh dari pelatihan, membaca atau pengalaman.
Contoh bentuk pengetahuan yang termasuk keahlian adalah :
  1. Fakta-fakta pada lingkup permasalahan tertentu. b. Teori-teori pada lingkup permasalahan tertentu.
  2. Prosedur-prosedur dan aturan-aturan berkenaan dengan lingkup permasalahan tertentu.
  3. Strategi-strategi global untuk menyelesaikan masalah. e. Meta-knowledge (pengetahuan tentang pengetahuan).
       Seorang ahli adalah seseorang yang mampu menjelaskan suatu tanggapan dan  mempelajari hal-hal baru seputar topik permasalahan (domain). Lalu menyusun kembali pengetahuan jika itu perlu, memecah aturan-aturan jika dibutuhkan, dan menentukan relevan tidaknya keahlian mereka.
Pengalihan keahlian dari para ahli ke komputer untuk kemudian dialihkan lagi ke orang lain yang bukan ahli, merupakan tujuan utama dari sistem pakar. Proses ini membutuhkan 4 aktivitas yaitu :

  1. Tambahan pengetahuan (dari para ahli atau sumber-sumber lainnyan.
  2. Representasi pengetahuan (ke komputer).
  3. Inferensi pengetahuan.
  4. Pengalihan pengetahuan ke user.

Pengetahuan yang disimpan di komputer disebut dengan nama basis pengetahuan. Ada dua tipe pengetahuan, yaitu: fakta dan prosedur (biasanya berupa aturan).



Salah satu kelebihan yang harus dimiliki oleh sistem pakar adalah kemampuan untuk menalar. Jika keahlian-keahlian sudah tersimpan sebagai basis pengetahuan dan sudah tersedia program yang mampu mengakses basisdata, maka komputer harus dapat diprogram untuk membuat inferensi. Proses inferensi ini dikemas dalam bentuk motor inferensi (inference engine). Kelebihan lainnya dari sistem pakar adalah kemampuan untuk merekomendasi.

Basis Pengetahuan

Menurut Sri Hartati dan Sari Iswanti (2008:5) basis pengetahuan merupakan kumpulan pengetahuan bidang tertentu pada tingkatan pakar dalam format tertentu. Pengetahuan ini diperoleh dari akumulasi pengetahuan pakar dan sumber - sumber pengetahuan lainnya. Basis pengetahuan bersifat dinamis dapat berkembang dari waktu ke waktu. Ada dua elemen dasar pada basis pengetahuan yaitu fakta dan aturan. Fakta merupakan informasi tentang obyek dalam area permasalahan tertentu sedangkan aturan merupakan informasi tentang cara bagaimana memperoleh fakta baru dari fakta yang telah diketahui.

Pengertian Akuisisi Pengetahuan :
Akuisisi pengetahuan adalah akumulasi, transfer dan transformasi keahlian dalam menyelasaikan maslah dari sumber pengetahuan ke dalam program komputer dalam tahap ini menyerap sebuah pengetahuan yang ada.

Kelebihan Sistem Pakar
Secara garis besar, banyak manfaat yang dapat diambil dengan adanya sistem pakar, antara lain :
  1. Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli.
  2. Bisa melakukan proses secara berulang secara otomatis.
  3. Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar.
  4. Meningkatkan output dan produktivitas.
  5. Meningkatkan kualitas.
  6. Mampu mengambil dan melestarikan keahlian para pakar (terutama yang termasuk keahlian langka).
  7. Mampu beroperasi dalam lingkungan yang berbahaya.
  8. Memiliki kemampuan untuk mengakses pengetahuan.
  9. Memiliki reliabilitas.
  10. Meningkatkan kapabilitas sistem komputer.

Kelemahan Sistem Pakar
Di samping memiliki beberapa keuntungan, sistem pakar juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain :
1.    Biaya yang diperlukan untuk membuat dan memeliharanya relatif mahal karena diperlukan banyak data.
2.   Perlu admin khusus yang selalu update informasi dalam bidang yang sesuai dengan sistem pakar.
3.   Pengembangan perangkat lunak sistem pakar lebih sulit dibandingkan perangkat lunak konvensional.
4.   Susah di kembangkan.
5.   Membutuhkan waktu yang lama.


SISTEM CERDAS


Apakah sistem cerdas itu?
  Apakah anda tahu bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, baik setiap gejala alamnya, fenomena yang terjadi di dalamnya, maupun kehidupan makhluk-makhluk yang ada di dalamnya merupakan suatu bentuk persamaan matematis? Atau dapat dibilang segala gejala dan fenomena tersebut dapat dibuat ke dalam bentuk persamaan matematis, bagaimana cara kerja otak dan bagaimana manusia berpikir. Pemrograman konvensional masih dapat digunakan untuk membuat mesin atau komputer berinteraksi dengan manusia.

Sistem cerdas
adalah sistem yang menerapkan kecerdasan buatan. Jadi, “kecerdasan” inilah yang diciptakan untuk kemudian dimasukkan ke dalam suatu mesin atau komputer. Sistem ini dibuat agar dapat berpikir layaknya manusia. Sistem ini juga dibuat agar dapat “berperilaku” seperti manusia, juga mampu menyerap pengalaman dan mampu bertindak berdasarkan pengalaman tersebut, sehingga sistem ini seolah-olah mempunyai kehendak sendiri dan mampu berpikir seperti halnya manusia.

Tiga konsep dasar dalam sistem cerdas adalah:

  1. Bagaimana kerja otak manusia? Hal ini dibahas dalam kajian Artificial Neural Network yang membahas mengenai bagaimana cara sel saraf otak kita bekerja.
  2. Bagaimana manusia berpikir? Hal ini dibahas dalam kajian Artificial Intelligence yang membahas mengenai bagaimana mesin dapat berpikr dan bertindak layaknya manusia.
  3. Bagaimana manusia merasa? Hal ini dibahas dalam kajian Fuzzy Logic yang membahas mengenai bagaimana mesin dapat dibuat agar mempunyai unsur-unsur perasaan seperti manusia sehingga mesin tersebut dapat mempunyai kehendak dan mengambil keputusan sesuai unsur rasa tersebut.


           Aplikasi penerapan sistem pakar/sistem cerdas

I.MYCIN

sistem pakar untuk melakukan diagnosis kesehatan telah dikembangkan sejak pertengahan tahun 1970. Sistem pakar untuk melakukan diagnosis pertama dibuat oleh Bruce Buchanan dan Edward Shortliffe di Stanford University. Sistem ini diberi nama MYCIN. MYCIN merupakan program interaktif yang melakukan diagnosis penyakit miningitis dan infeksi bacremia serta memberikan rekomendasi terapi antimikrobia. MYCIN mampu memberikan penjelasan atas penalarannya secara detail. Dalam uji coba, dia mampu menunjukkan kemampuan seperti seorang spesialis. Meskipun MYCIN tidak pernah digunakan secara rutin oleh dokter, MYCIN merupakan referensi yang bagus dalam penelitian kecerdasan buatan yang lain .
Contoh lain teknologi sistem cerdas di bidang kesehatan adalah sebuah alat tensi darah digital.
      a.
 Tensi darah digitaladalah Alat Pengukur Tensi Darah secara Digital / elektronis. Alat kesehatan yang gunanya untuk mengukur tensi darah secara mudah.








II.DENDRAL

Program dendral adalah sebuah program pembantu untuk menentukan struktur molekul dari material yang tidak diketahui dengan menganalisis data yang dihasilkan oleh mass spectographs, resonansi magnetik nuklir dan teknik lainnya.
Proyek dendral dimulai sejak pertengahan tahun 1960 dan maju terus sampai tahun 1970. Proyek ini melibatkan sebuah tim yang besar dan terdiri dari ilmuwan yang berasal dari Stanford University. Hal itu dilakukan di Stanford University oleh Edward Feigenbaum, Bruce Buchanan, Joshua Lederberg, dan Carl Djerassi. Bersama dengan tim dari perusahaan asosiasi penelitian yang sangat kreatif ini dimulai pada tahun 1960-an dan mencakup sekitar setengah sejarah penelitian AI
Proyek ini berusaha untuk menghasilkan sebuah program cerdas di bidang kimia untuk membantu para ahli kimia membuat hipotesa dan meningkatkan kreatifitas keilmuan. Program ini dianggap sebagai sistem pakar pertama karena prosesnya yang otomatis dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.
Contoh lain teknologi sistem cerdas di bidang penelitian adalah sebuah microscop digital.
   a.
   
Mikroskop digital adalah penemuan baru di ilmu pengetahuan modern. Sebuah mikroskop digital terdiri dari mikroskop biasa dengan kamera digital yang dibangun ke dalamnya. Gambar terlihat melalui mikroskop digital dapat diproyeksikan ke monitor komputer dan disimpan pada file komputer. Sebuah mikroskop digital sangat cocok untuk pendidikan karena memungkinkan banyak orang melihat spesimen sekaligus.

III. PROSPECTOR

-   Untuk membantu menemukan lokasi yang mengandung bahan tambang. Basis pengetahuannya berisi kaidah berdasar data empiris dan taksonomi beberapa jenis mineral dan batu-batuan.
-    Untuk mengetahui apakah suatu daerah mengandung bahan tambang , lebih dahulu dilakukan survey keadaan geologi dan pengambilan contoh tanah dan batu-batuan.
-  Berdasarkan data hasil survey tsb akan diberikan rekomendasi apakah daerah tsb layak untuk dieksplorasi dan akan diputuskan apakah akan dilakukan penggalian atau tidak.        
Contoh teknologi sistem cerdas di bidang pertambangan adalah GGR(Ground Penetrating  Radar.
a.
   
GPR atau Ground Penetrating Radar adalah teknologi terbaru yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi antara 10MHz sampai 3000MHz. Aplikasi GPR ini sangat beragam yaitu untuk eksplorasi mineral, geologi,geoteknik,dan arkeologi. Teknologi GPR ini mempunyai variasi frekuensi dan biasanya setiap frekuensi berbeda sistem transmitter receivernya, memang tidak terlalu efektif jika kita ingin menggunakan GPR untuk kebutuhan yang dalam(100m) maka ketika untuk identifikasi pipa yang kedalamanya hanya 1-5m maka sistem transmitter receivernya harus di ganti dengan frekuensi yang berbeda(frekuensi yang lebih tinggi).

IV. Gardena Sileno Smart System set 

Gardena sileno smart system set ini adalah suatu sistem cerdas yang berintegrasi dengan lingkungan halaman rumah, alat/teknologi yang canggih ini banyak macamnya ada yang mirip dengan mesin pemotong rumput lalu ada untuk menyiram tanaman atau rumput. namun bedanya alat ini dengan alat berkebun  biasa, alat ini mampu bergerak sendiri cukup kita hubungkan saja dengan koneksi wi-fi lalu alat ini juga dapat terhubung dengan ponsel canggih/smartphone kita,jadi kita hanya menggatur alat itu untuk membersihkan rumput halaman bagian mana ataupun mengatur jam untuk menyiram tanaman.









V.Smart Wireless Security Camera System

Smart Wireless Security Camera System adalah suatu terobosan baru atau teknologi cerdas yang menggunakan camera yang terintegrasi dengan jaringan wi-fi, kamera ini sangat mudah dan efisien dalam penggunaan nya, karena kamera ini terhubung 1 dengan yang lainnya, selain itu kamera ini dapat terhubung juga dengan smartphone ataupun dengan laptop kita, jadi kita dapat melihat dengan mudah hanya dengan smartphone kita, lalu menghubungkannya juga hanya dengan 1 jaringan wi-fi saja.



















2 komentar:

Tugas 4 Bahasa Inggris Bisnis: The reason why i choose Information System as my major.

Why I choose the Information Systems ? because I like things that smells of computers or more precisely about programming and pc games. My ...